Kegunaaan Kunyit bagi Kesehatan

Indonesia mempunyai kekayaan alam yang berlimpah, dengan hasil buminya yang beraneka tipe tumbuhan, salah satunya adalah tanaman kunyit.

Kunyit tergolong dalam rempah khas bumi Indonesia. Tidak hanya sebagai bumbu kuliner, kunyit juga mempunyai khasiat bagi kesehatan dan sudah memang bisa menyembuhkan beberapa penyakit, semacam mengobati luka lambung, menghapus keputihan, melangsingkan tubuh, mengobati sariawan, dan bisa mengobati radang amandel.

Kegunaaan Kunyit bagi Kesehatan

Kunyit bisa berkegunaaan sebagai antiseptic dan anti bakteri dan sangat baik dipakai untuk menanggulangi gatal-gatal pada tubuh. 

Pada tanaman kunyit terkandung antioksida yang sanggup menangkal radikal leluasa yang menyebabkan penuaan dini. Oleh sebab itu, kunyit sangat manjur dipakai untuk menghapus jerawat, bintik-bintik hitam di wajah dan bisa memperhalus wajah muka.

Tanaman kunyit juga mempunyai kadar polifenol yang tinggi dan dengan cara kllinis bisa menghambat pertumbuhan kanker. Dengan mengkonsumsi kunyit dengan cara teratur bisa melawan beberapa penyakit, semacam penyakit kanker. Baik itu, kanker prostat, melanoma, kanker payudara, tumor otak dan kanker pankreas.

Apa itu polifenol..? Polifenol (polyphenol) adalah senyawa kimia yang terkandung di dalam flora dan bersifat antioksidan kuat. Polifenol adalah kelompok antioksidan yang dengan cara alamiah ada di dalam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minuman. 

Tidak sedikit studi ilmiah yang sudah membuktikan. Polifenol umumnya tak sedikit terkandung dalam kulit buah. Polifenol yang terkandung dalam kulit kunyit bisa berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan dampak radikal leluasa dengan tutorial mengikat radikal leluasa jadi mencegah proses inflamasi dan peradangan pada sel tubuh.

Kegunaaan Polifenol yang terkandung pada kunyit, antara lain:

Sebagian besar polifenol adalah antioksidan jadi sanggup menetralkan radikal leluasa yang mempunyai efek merusak kepada sel-sel dan jaringan tubuh.

Polifenol manjur memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah sebuahkewajiban untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit.

Polifenol tertentu semacam resveratrol menunjukkan sifat anti-tumor jadi berpotensi menghambat pertumbuhan kanker.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaaan Boh Reuteuk untuk Kesehatan

Mengetahui suspensi Upside Down