Biji Pinang Bisa Mengobati Penyakit Tungkik

Kegunaaan biji pinang buat kesehatan
Pinang bagi masyarakat Indonesia adalah tanaman yang tak asing lagi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Bahkan diberbagai daerah, semacam Aceh, Jambi, Padang, Banteng, Lampung, serta Sulawesi buah pinang menjadi sumber ekonomi mutlak masyarakat setempat. 

Biji Pinang Bisa Mengobati Penyakit Tungkik

Budidaya pinang bisa menghasilkan omset ratusan rupiah
Tentu, kalau diperbuat perawatan dengan baik. Budidaya pinang dengan cara intensif adalah pola yang tak sedikit digemari oleh para petani pinang. Sebab dengan pola ini bisa menambah hasil kebun berlipat dibandingkan dengan pola penanaman dengan cara tradisional.

Biji Pinang bisa menyembuhkan Sakit Pinggang
Tutorial membikinnya sangat mudah. Ambil berbagai lembar daun pinang. Kemudian tumbuk daun pinang tersebut serta hangatkan. Daun pinang yang sudah ditumbuk dikompreskan di tempat yang sakit.

Biji Pinang juga bisa mengobati telinga bernanah
Dalam masyarakat Aceh disebut dengan tungkik.Untuk mengobati penyakit tungkik (teliga bernanah) caranya tak susah. Ambil akar buah pinang muda secukupnya, tumbuk halus serta peras airnya.

Sebelum diberbagi, bersihkan terlebih dahulu telinga anak yang sakit dengan kapas, seusai itu tetesi dengan air perasan pinang di tahap telinga yang sakit setidak sedikit 3 tetes. 

Kemudian, sumbat telinga dengan kapas supaya air tetesan tak mengalir keluar. Perbuat setiap hari dengan cara rutin sampai sembuh.

Secara tradisional, biji pinang dipakai sebagai bahan ramuan untuk mengobati sakit disentri, diare berdarah, serta kudisan. Dengan cara moderen, biji pinang dikegunaaankan sebagai penghasil zat pewarna merah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaaan Kunyit bagi Kesehatan

Kegunaaan Boh Reuteuk untuk Kesehatan

Mengetahui suspensi Upside Down