Kegunaaan Boh Reuteuk untuk Kesehatan

Mengkonsumsi boh reuteuk alias kacang panjang dengan cara teratur tenyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya berkegunaaan bagi kesehatan, boh reuteuk juga tergolong bahan mutlak dalam membikin beberapa menu sayuran.

Beberapa kuliner khas masyarakat Aceh dari boh reuteuk antara lain; sayuran boh reuteuk (kuah kacang panjang), lalapan sambal teurasi, beulacan oen putek (urab) dll. Menu-menu ini bakal kami jumpai hampir diseluruh warong-warong nasi di Aceh serta tergolong dalam daftar kuliner nusantara. 

Mungkin tak sedikit diantara kami yang belum tahu kegunaaan boh reuteuk bagi kesehatan tubuh. Tenyata boh reuteuk alias kacang panjang mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, B2, zat besi, fosfor, serta kalium. Semua unsur tersebut dengan cara medis sangat berkegunaaan untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa kegunaaan kacang panjang alias Boh Reuteuk untuk kesehatan;

Kegunaaan Boh Reuteuk untuk Kesehatan

  • Menolong memperkecil resiko terserang penyakit stroke;

  • Mencegah penyakit serangan jantung;

  • Dapat meningkatkan kegunaaan organ pencernaan;

  • Dapat mengurangi resiko terserang penyakit kanker;

  • Dapat menanggulangi penyakit hipertensi.
Boh reuteuk juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil. Sebab boh reuteuk bisa menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Kehadiran darah gula yang terlalu tinggi tak baik bagi kesehatan janin sebab bisa menyebabkan pankreas janin.

Boh reuteuk juga berkhasiat untuk menjaga kulit dari gangguan jerawat, menolong perbaikan luka bakar, peluruh air seni, menanggulangi diare, eksim, gangguan ginjal, serta penyakit gatal-gatal.

Selain buah kacang panjang, nyatanya daun reuteuk (daun kacang panjang) juga sangat mujarab untuk mengobati beberapa penyakit semacam; dalam menyembuhkan penyakit sakit pinggang, mengobati penderita anemia alias tak lebih darah, batu ginjal, meningkatkan selera makan, meningkatkan stamina, serta mengobati gangguan pada saluran kemih.

Berikut beberapa trik tutorial meramu oen reuteuk alias daun kacang panjang untuk mengobati beberapa penyakit, yang kami himpun dari beberapa sumber:

Untuk Meluruhkan Air Seni: Ambil 50 gram daun segar kacang panjang. Bahan-bahan itu kemudian dicuci bersih. Kemudian direbus dengan dua gelas air kurang lebih 30 menit. Seusai dingin, airnya disaring serta diminum dua kali sehari, pada pagi serta sore hari.

Untuk Pengindap Sakit Pinggang: Gunakan 200 gram biji kacang panjang, 200 gram jahe, serta 25 gram kencur. Semua bahan kemudian direbus dengan 500 cc air, sampai tersisa kurang lebih 200 cc. Seusai itu airnya disaring, kemudian diminum.

Untuk yang Menderita Pembengkakan: Ambil 200 gram kacang panjang + 20 gram bawang putih + gula merah secukupnya. Bahan-bahan dimasak menjadi sup, serta dimakan dengan cara teratur.

Bagi yang Menderita Batu Ginjal: Ambil 200 gram kacang panjang + 200 gram asparagus. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, sampai tertampung 200 cc. Kemudian direbus, sampai mendidih serta airnya diminum hangat-hangat.

Bagi yang ingin Meningkatkan Nafsu Makan: Ambil 100 gram kacang panjang + 40 gram temulawak + 3 buah kiam boi/sun boi direbus dengan air secukupnya. Hasilnya di saring, lalu airnya ditambakan madu secukupnya serta diminum.

Bagi Penderita Sembelit: Ambil 200 gram kacang panjang + 100 gram daun ubi jalar dimasak sesuai selera, serta dimakan dengan cara teratur. Untuk antikanker, sediakan kacang panjang + buncis + brokoli + wortel masing-masing secukupnya. Kemudian dimasak menjadi tumisan, dengan ditambah bumbu-bumbu sampai matang serta dimakan dengan cara teratur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegunaaan Kunyit bagi Kesehatan

Mengetahui suspensi Upside Down